Ciri Batu Pirus Persia Asli Bagi Pemula

pirusPirus persia termasuk ke dalam salah satu jenis batu permata yang paling banyak di palsu. Kita bisa menemukan banyak sekali jenis batu pirus palsu ini di pasar Rawa Bening atau pusat batu mulia lainnya. Oleh sebab itu, mengetahui ciri batu pirus persia asli menjadi sangat penting untuk dipahami terlebih bagi anda yang masih pemula.

Sayangnya, banyak sekali artikel dan video tentang ciri batu pirus persia asli yang isinya kurang tepat. Beberapa diantaranya mengharuskan kita untuk membakar batu pirus yang diuji. Tentu ini sangat menyesatkan, apalagi pirus tergolong batu yang lunak dan sangat mudah retak ketika dibakar.

Apa itu Batu Pirus ?

Pirus merupakan batu yang tersusun atas mineral fosfat dan beberapa unsur lainnya. Batu ini ada yang berwarna hijau, toska dan biru dengan corak serat yang dianggap unik. Batu ini memiliki massa jenis antara 2.6-2.9 dan kekerasan sekitar 5-6 skala mohs.

Diduga batu pirus digunakan pertama kali oleh bangsa Mesir Kuno dan Suku Aztec. Penggunaan batu ini sebagai hiasan juga ditemukan pada masa Dinasti Shang di Cina. Meskipun penggunaan batu pirus telah lama, ternyata batu ini pernah dilarang digunakan sebagai perhiasan oleh Gereja Katolik Roma hingga Abad ke 14. Barulah di abad ke 14, Gereja Katolik Roma mengijinkan pirus digunakan sebagai perhiasan.

Jenis Batu Pirus Persia

Paling tidak ada 4 jenis batu pirus persia yang beredar luas di pasaran. Keempat jenis batu pirus tersebut, adalah :

Pirus Badar Perak

Dikenal sebagai jenis batu pirus yang memiliki harga paling murah dan depositnya di daerah Iran masih sangat banyak. Jenis batu ini memiliki kandungan logam yang berada di dalamnya. Masalah motif serat menjadi salah satu hal yang menjadi kekurangannya. Mayoritas pirus badar perak dianggap memiliki motif yang abstrak dan kurang memiliki nilai seni.

Pirus Polos

Pirus PolosSesuai namanya, pirus ini tidak memiliki motif di bagian luarnya. Tampilannya yang hanya satu warna membuatnya dianggap unik bagi sebuah batu pirus. Jenis ini ada yang berwarna hijau, biru ataupun tosca. Stok batu pirus polos, apalagi yang berukuran besar sangatlah langka. Tak heran apabila di pasaran ia dibanderol dengan harga yang tinggi.

Pirus Urat Emas

urat emasBanyak orang yang salah kaprah tentang pirus urat emas, apalagi bagi para pemula. Dikiranya pirus urat emas itu memiliki serat yang berwarna emas. Akibatnya banyak orang yang tertipu dengan jenis pirus palsu yang dibuat dengan serat emas di bagian luarnya. Padahal, pirus urat emas adalah jenis batu pirus yang memiliki serat berwarna coklat.

Pirus Serat Laba-Laba

pirus urat merahJenis batu pirus ini memiliki serat yang bermotif mirip serat laba-laba. Ada yang bagian seratnya berwarna coklat, kemerahan dan hitam. Pirus yang memiliki serat berwarna kemerahan menjadi yang paling langka dan mahal harganya.

Ciri Batu Pirus Persia Asli

Membedakan batu pirus persia asli dengan yang palsu memang tidaklah mudah. Salah satu sebabnya karena ada banyak sekali jenis pirus palsu yang beredar di pasaran. Walau begitu, ada beberapa hal sederhana yang bisa anda gunakan sebagai penanda ciri batu pirus persia asli. Beberapa hal dibawah ini merupakan ciri batu pirus persia asli yang bisa digunakan untuk para pemula.

Serat Masuk Sampai Kedalam

Batu pirus palsu bagian seratnya hanya ada di bagian permukaannya saja. Bahkan, beberapa diantara batu palsu ini memiliki warna putih polos didalamnya. Anda bisa mengamati bagian atas dan bawah pirus yang anda cek untuk memperkirakan apakah serat batu tersebut hanya ada di permukaan atau masuk sampai kedalam.

Bila batu pirus tersebut sudah anda beli dan ada keraguan terhadapnya, anda bisa mengamplas bagian bawahnya setebal 1 mm. Biasanya batu pirus palsu jika di amplas setebal 1 mm maka bagian seratnya sudah hilang. Tentu cara pengamplasan ini tidak boleh dilakukan jika batu tersebut memiliki harga jual mahal ataupun belum menjadi milik anda.

Bagian Serat Rata

Saya sedikit kesulitan juga mengungkapkan salah satu ciri pirus persia asli ini ke dalam kata-kata. Maksud saya diantara serat dan bagian lain di permukaan batu terlihat rata dan menyatu. Berbeda dengan serat pada batu pirus palsu yang tidak menyatu terhadap bagian di sekitarnya.

Perhatikanlah gambar diatas, kedua batu tersebut merupakan batu pirus palsu. Antara bagian serat dan sekitarnya terlihat tidak menyatu. Apabila kita raba menggunakan kuku maka terlihat tekstur diantara keduanya jauh berbeda.

Cek Massa Jenisnya

Massa jenis didapatkan dari membagi berat dengan volume. Salah satu ciri batu pirus persia asli adalah memiliki massa jenis 2.6-2.9. Anda tinggal mengukur berat dan volume dari batu yang anda cek, kemudian membaginya untuk mendapatkan massa jenis batu tersebut. Jika batu yang anda cek tersebut memiliki massa jenis 2.6-2.9 maka kemungkinan batu tersebut asli.

Pengecekan batu pirus dari massa jenisnya ini merupakan salah satu cara yang sangat aman. Hal itu dikarenakan tidak ada kerusakan dan perubahan pada batu yang anda cek. Hanya saja, pengecekan menggunakan massa jenis ini tidak bisa digunakan untuk pirus badar perak. Adanya kandungan didalam batu jenis ini, membuat massa jenisnya lebih berat dibandingkan pirus lainnya.

Itulah 3 ciri batu pirus persia asli yang bisa digunakan sebagai dasar untuk mengidentifikasi oleh para pemula. Apabila anda masih ragu terhadap keaslian batu yang anda miliki, anda bisa membawanya ke lab batu permata terdekat. Bagi anda yang tinggal di sekitar Jakarta, anda bisa datang ke Indogems untuk mengkonsultasikan keaslian batu anda. Kami tidak memungut biaya bagi anda yang ingin berkonsultasi mengenai keaslian batunya dengan kami. Bagi anda yang ingin dibuatkan Idcard perihal batu yang anda miliki, anda cukup membayar sebesar 30 ribu rupiah saja.